Senin, 21 Desember 2009

PERLUNYA KEHATI-HATIAN DALAM KATA-KATA

Sahabat Blog Membangun Pondasi Sukses yang baik hati. Sikap hati-hati sangat diperlukan untuk menunjang kesuksesan Anda, dengn sikap hati-hati akan membuat Anda semakin terkontrol dalam mengeluarkan sesuatu yang tersembunyi dalam diri Anda. Semisala dalam kata-kata. Kehati-hatian dalam berkata-jata sangat diperlukan, mengingat setiap ucapan selalu meninggal kesan bagi audiens atau pendengar Anda. Seberapa pentingkah menjaga ucapan atau kata-kata itu dalam kehidupan sehar-hari? Terkadang pertanyaan ini terlontar dari orang yang selalu berfikir. Tapi perlu diingat, perkataan itu sangat, baik dan buruk setiap kata-kata akan meninggalkan pengaruh kepada pendengar Anda.

Saya pernah berdialog dengan seorang pemuda, namanya Fery, yang mencoba merebut pengaruh orang-orang untuk mendukungnya dalam sebuah acara pemilihan ketua organisasinya. Setelah berdialog dengan tim suksesnya, Fery sempat mengeluarkan kata-kata yang tidak enak bagi pendengar, karena terkesan menghujat lawannya. Akibatnya, yang mendengarkan Fery sebagian besar menarik dukungan mereka. Dengan sikap tegas mereka menyatakan tidak mendukung Fery. Saya sempat bertanya, mengapa mereka menarik dukungannya, padahal awalnya mereka berikrar akan mendukungnya. Mereka menjawab, karena Fery tidaklah hati-hati dalam berbicara, jika dia mengeluarkan kata-kata terkadang menyinggung orang lain. Akibatnya, Fery kehilangan dukungan dan dia pun gagal total, padahal panitia memprediksi bahwa Fery akan maju menjadi pemimpin diorganisasi mereka.

Terkadang orang tidak lagi memperhatikan ucapannya, karena semua tindakan merupakan referensi dari setiap perkataan. Setiap kata-kata itu akan selalu ditulis oleh pendengarnya, selalu diabadikan oleh pendengarnya dalam kumpulan catatan mereka, dan itu berakibat baik atau buruk bagi diri sendiri. Apakah Anda termasuk orang yang menjaga kata-kata Anda? Saya percaya bahwa Anda selalu hati-hati dan selalu berkata-kata positif baik itu dalam diri Anda maupun kepada orang lain.

Orang sukses selalu memperhatikan kata-katanya, selalu berhati-hati memberikan informasi kepada rekan-rekan kerjanya, sehingga banyak orang yang begitu fanatik mengikutinya. Banyak pula orang gagal karena kurang memperhatikan kata-kata, terlalu berlebihan menyampaikan informasi, kebanyakan bualan, apalagi sampai menyinggung perasaan orang lain. Akibatnya, usaha gagal hancur, rencana gagal, dan keinginan tidak tercapai, ironisnya, akan mendapati dirinya dalam keterpurukan.

Sahabatku, berhati-hatilah. Karena manfaat atau mudaratnya Anda, sebagian bersar pada kata-kata yang Anda lontarkan. Jangan biarkan Anda akan kehilangan segalanya hanya karena mengeluarkan kata-kata kotor meski hanya sepele dan menurut Anda hanylah senda gurau. Tidak semua orang akan dan faham menerima karekter Anda, tidak semua orang berfikir sama dengan apa yang Anda fikirkan. Delapan puluh persen kesuksesan ditentukan oleh sikap, termasuk juga menjaga ucapan, berhati-hati dalam mengeluarkan kata-kata.
Terimakasih

Hardiyanto

7 komentar:

  • Fadjar says:
    25 Desember, 2009 08:48

    Sikap...ini kunci, seberapa hebatnya ucapan tanpa dibarengi dengan skipa hanyalah isapan jempol belaka.
    http://Atyaga1177.wordpress.com

  • Hardiyanto Takula says:
    25 Desember, 2009 17:08

    Tks ats commennya...
    benar...sikap itu sbg kunci, krn apa pun yg kita tetapkan, sikaplah yg menjadi pengawalnya...
    Tks dah kunjungi blog saya mas Fadjar..

  • Radioreggaeindo says:
    30 Desember, 2009 17:51

    k anto tukakaran link donk ...ntar aku link balik ama ka anto

  • Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    Radioreggaeindo says:
    30 Desember, 2009 17:52

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  • Radioreggaeindo says:
    30 Desember, 2009 17:53

    k anto tukaran link yuuu

  • Hardiyanto Takula says:
    30 Desember, 2009 22:48

    siapkan dlu gedged follownya...
    bru bs d follow.....
    atau..pasang sj linknya d blogrol sy..

  • roman sa says:
    31 Juli, 2010 09:17

    betul Pak Takula, kadang kita lupa pabila asik dan saat emosi shg yg keluar tidak bermanfaat malah jadi masalah. Salam.

Catatan :

Hak Cipta Intelektual. Isi blog ini murni karya penulis sendiri, siapapun dapat menyerap informasi isi blog, namun tidak dibenarkan menduplikasi isi informasi untuk kepentingan tertentu dan mempostingnya tanpa izin penulis.

Pencarian Google