Minggu, 13 Desember 2009

PELAJARAN DARI AIR

Sahabat Blog Membangun Pondasi Sukses yang baik hati, kemarin saya menulis tentang pelajaran dari pohon kelapa, hari sedikit berbeda materi namun pembahasannya ada kesamaan, yaitu pelajaran dari air. Sahabatku, tentu Anda sudah tau apa kegunaan air. Banyak makhluk hidup yang membutuhkan air, tak terkecuali manusia. Apa yang lebih dari ini, apakah hanya sekedar alat kita mandi, mencuci, masak atau menyiram tanaman? ya...itulah kegunaan air. Tetapi ada pelaran yang perlu kigta ketahui dari air selain sebagai fungsinya. Kita semua sepakat bahwa air mengalir dari tempat yang lebih tinggi dari tempat yang lebih rendah. Itulah ilmunya air, mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah yaitu lautan. Air, semisal sungai mengalir dari hulu, meski dibagian hulu itu terdapat banyak anak sungai yang berbeda ukuran dan letak geografis, namun tujuan hanya satu yaitu lautan dan membentuk samudera. Dengan berkumpulnya air membentuk samudera, memberiakan kita manfaat bagi kehidupan kita, yaitu untuk menjaga ekosistem yang bertahan didasar laut termasuk ikan yang juga termasuk kebutuhan kita. Dengan air yang membentuk samudera menjadikan kita faham akan struktur air dan pemanfaatannya, tempat kita berlayar menuju seberang. Pendek kata air metupakan kamus pengetahuan.

Mengapa saya katakan bahwa air adalah kamus pendidikan, lihatlah gerakannya, mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Jika kita analogikan pada diri kita, yang berarti :

1. Dimana, dan apapun kita jika sudah bersatu akan menjadi sebuah kekuatan besar bagai samudera.

2. Semakin banyak ilmu yang kita miliki membuat kita semakin rendah hati, semakin luas ilmu pengetahuan membuat kita sadar diri, betapa tak pantas kita berbuat dosa.

3. Jika ilmu tidak diamalkan, maka bisa menjadikan kita binasa, ibarat samudera yang menumpahkan gelombang tsunaminya, yang akhirnya merusak diri kita.

Sahabatku, air dapat menyejukkan kita ketika kita membutuhkannya untuk mandi dan mencuci, air juga dapat menyuburkan tanaman dan memenuhi kebutuhan sehari-hari semua makhluk. Ananloginya, jika ilmu pengetahuan kita diamalkan, maka bermanfaat untuk kehidupan kita, bermanfaat bagi semua makhluk, dan berarti kebaikan pula yang kita petik darinya.

Sahabatku, ketika Anda memiliki sebuah pengetahuan, janganlah sekali-kali tidak mengajarkannya kepada orang lain, jika tidak, itu akan membinasakan kita sendiri, dan yang lebih utama lagi, bersyukurlah sebelum nikmat ilmub itu dicabut dari otak kita.
Terimakasih...

Hardiyanto

2 komentar:

  • Unknown says:
    14 Desember, 2009 00:06

    it's nice post, I like it...and thanks for visiting my blog, ada baiknya jga d kasih buku tamu biar bs pesan dan kesan ttg blog km..ok sob.!!!nice to see you

  • Hardiyanto Takula says:
    14 Desember, 2009 13:36

    yupz... tks ya dah kunjungi blog saya... tks jg buat sarannya...

Catatan :

Hak Cipta Intelektual. Isi blog ini murni karya penulis sendiri, siapapun dapat menyerap informasi isi blog, namun tidak dibenarkan menduplikasi isi informasi untuk kepentingan tertentu dan mempostingnya tanpa izin penulis.

Pencarian Google